Minggu, 12 Februari 2017

MEMAAFKAN KEADAAN

Banyak hal yang kadang suka kita lupakan, tentu pada umumnya pernah membaca pepatah 3 kata yang suka kita lupakan. Sedikit mengingatkan ini adalah kata-kata yang suka kita lupakan :


Sumber : http://anthonydiomartin.blogspot.co.id/2014_02_01_archive.html

Apa yang paling sulit dilakukan?

Tolong? Walau tidak terucap tapi terkadang bahasa tubuh sudah dapat mewakili bila kita dalam posisi ingin minta tolong

Terima kasih? Walau terkadang kita lupa atau telat dalam mengucapkan tapi sang pemberi atau juru penyelamat sudah dapat mengartikan rasa terima kasih meski tak terucap atau telat

Maaf? Kalimat yang terlontar terkadang hanya sebuah statment atau formalitas
Pernah terucap ga "Sudah dimaafkan walaupun tidak akan merubah yang sudah terjadi" atau "Kalaupun tidak dapat dimaafkan, Allah Maha Pemaaf ko" atau kalimat-kalimat lainnya

Awalnya saya tidak menyadari ada benih adat yang kurang baik bila dipelihara yaitu pendendam dan suka mengungkit kesalahan/masalah yang sudah berlalu. Secara positif saya adalah video/biografi berjalan dimana dapat dengan hapal kronologis dalam sebuah kejadian/peristiwa. Dampak negatif kadang bagi yang sedang sensitif akan merasa tersinggung seolah-olah saya nyiyir atau mengungkit yang sudah lalu dan mengkait2kan segala kejadian macam puzzle. Bagi orang yang bijak dan berpikir simpel melihat adat saya seperti macam manusia riweh.

Ada titik dimana akhirnya mencoba untuk berubah dengan mencoba memaafkan keadaan, karena bila tidak bisa memaafkan secara personal maka dicoba untuk memaafkan keadaan yang membuat diri seolah-olah manusia paling teraniaya. Dari membaca buku dan sharing dengan para sahabat akhirnya ada beberapa trik yang saya lakukan yaitu

1. Atur nafas dengan baik dan fokus pada tujuan datang 
Misal datang untuk menghadiri kegiatan berarti fokus untuk membawa diri dengan baik selama kegiatan.

2. Tersenyum
Kesannya simpel ya tapi sangat membantu karena dengan tersenyum membuat suasana hati jauh lebih tenang dan menyenangkan hati sekeliling kita.

3. Memulai untuk berinteraksi dengan sang tak termaafkan
Ini adalah bagian tersulit dimana mencoba memulai kembali komunikasi, dengan menjadi orang pemaaf bukan berarti menjadi orang kalah kan.

4. Doakan
Dengan mendoakan orang ada jalan terbaik yang telah diciptakan oleh Nya

5. Berdamai dengan keadaan
Istilah ini saya dapatkan ketika mengobrol dengan sepupu, maksud yang saya tangkap ketika kita merasa nasib kita gini-gini aja, takdir tidak berpihak kepada kita, mempersalahkan orang lain terhadap kejadian maka cara terbaik adalah berdamai dengan keadaan yaitu mencari solusi terhadap masalah kita dan lakukan yang bisa kita lakukan bila tidak bisa maka ikuti alur kehidupan dengan membawa diri dengan baik.

point terakhir yang sedang atau proses karena ternyata hati masih dibolak balikkan oleh keadaan. Yu jadi orang pemaaf ^_^v

*yeahhhh nulis lagi euy setelah membolos satu bulan uwowww (jangan ditiru) memang harus memaafkan si pemalas*









Jumat, 30 Desember 2016

TERUNTUK UMI

Selamat hari ibu untuk umi tersayang
Momen yang tidak hanya ketika 22 Desember saja tetapi di setiap hari dan setiap waktu selalu hari ibu.
Furqon.Doc

Semoga Allah selalu memberi umi kesehatan dan kelanaran dalam segala urusan
Semoga saat mia wisuda merupakah hadiah untuk umi, hadiah ini tidak senilai dengan semua perjuangan dan pengorbanan umi untuk teteh, mia dan usman. Bila menceritakan perjuangan dan pengorbanan umi selama mengurus kita mungkin tidak akan cukup, biar Allah menjadikan perjuangan dan pengorbanan umi menjadi bekal di Akhirat. Pelajaran hidup yang diajarkan sama umi, jangan pernah memandang orang hanya dari covernya saja dan jangan malu dengan keadaan.
Terima kasih telah menjadi teladan bagi kita dan doakan mia setelah lulus dapat agar dapat mengaplikasikan ilmu dan mohon maaf bila belum dapat membanggakan umi dengan apa yang mia capai sekarang.
Terima kasih menyematkan nama mia menjadi dua di akte yang secara administrasi Negara bernama Simiati Nurwakhidin tetapi ada nama lain di akte yaitu Siti Rohmah Yulianti Nurwakhidin.
Terima kasih selalu mengantarkan mia ke sekolah dari mulai SD hingga SMA dengan motor bahkan pernah merasakan naik motor bareng dari Bogor (bogor nyingcet ciampea) sampai Cimahi dengan selamat walaupun umi sudah tidak berani untuk bawa ngebut (wanita 50 tahun dong bawa motor bogor bandung pp)
Terima kasih atas keterbatasan umi dalam hal kerapihan, make up dan masak sehingga sekarang mia berupaya untuk bisa memasak, belajar make up dan belajar membawa diri dimanapun mia tinggal.

Tertanda anakmu
Simiati Nurwakhidin


Bila ada yang mempertanyakan kenapa harus nulisnya di blog kenapa ga diomongin langsung ke umi, Alhamdulillah tulisan ini sudah dikirim ketika moment hari ibu ke Umi langsung.

Furqon.Doc

JANGAN REMEHIN ORANG DI BELAKANG LAYAR, KELAR HIDUP LOE!!!

Jangan remehkan orang-orang yang ada dibelakang layar terutama ketika kamu yang menjadi sorotan utama atau bisa disebut pengantinnya. Ada lelah, peluh, tetes air mata, tetes keringat, korban waktu dan hal2 yang bersifat materi untuk menghasilkan kesuksesan sebuah acara. Bila dianggap remeh kelar hidup loe!

Tulisan ini kupersembahkan kepada adik-adik di Racana Prabu Siliwangi – Subang Larang UPI Bandung atau di UPI dikenalnya dengan UKM Pramuka UPI Bandung (eskul lah kalo zaman sekolah mah). Dalam adat Racana terdapat upacara-upacara yang menjadi khas dalam setiap moment salah satunya adalah pesta wisuda.
Furqon.Doc
Collages Photo By Simiati Nurwakhidin 

Efek suka main ke sekretariat jadi tahu secara umum perkembangan di setiap fase dan gejolak kepengurusan, salah satunya ketika merencanakan acara pesta wisuda ini. Sangat menghargai dan apresiasi terhadap kinerja kepanitian, waktu yang sangat mepet dan SDM yang terbatas semacam lagu tahu bulat lah, goreng dadakan tapi jadi. Tadinya sempet males dan ada sedikit keegoisan untuk ga peduli mau dijemput dan disambut kaya gimanapun, untuk setelah prosesi wisuda itu hujan deras dan liat yang jemput udah basah kuyup jadi aja mengalah untuk menghargai acara yang sudah disediakan. Aba dan umi jadi ada tempat untuk beristirahat dengan nyaman tak perlu gelar tiker atau berteduh di tempat umum ketika beres acara karena ada sekretariat yang menerima dengan baik.Segitupun orang tua mah seneng karena Aba dan Umi orang pramuka juga, padahal mah asal aba dan umi tahu mungkin lebih.



Furqon.Doc

Bo 7 tahun jadi tau lah standar bikin kegiatan kaya gimana dan pagi liat kaga ada banner aja komitmen mau pulang setelah prosesi universitas dan ambil cinderamata di jurusan.Ditambah flu berat sampai shading idung kehapus kan tetep aja keliatan pesek pas di foto hahahahaha. Kalaupun akhirnya jadi sebuah acara pasti ada keriwehan selama pagi hingga siang untuk sekedar menyambut, belum ngajak orang-orang yang kayanya jadwalnya kaya artis padet banget dan so no coment alias hanya di read bahkan diacuhkan, hal-hal kecil semacam itu yang bikin naik darah. Ga perlu hal-hal yang besar, hal kecil aja seperti banyak yang hadir itu sudah sangat berarti.

Furqon.Doc
*Foto bareng sama sahabat yang senasib 7 tahun wkwkwkwkwk*

Terima kasih kepada Bayu Permana dan Yeni Anggarwati beserta tim. Semoga di moment dan acara berikutnya lebih baik lagi dan menguatkan kepengurusan, maaf apabila selama acara kakakmu ini banyak menyusahkan dan mohon maaf belum menjadi teladan yang baik bagi kalian. Nanti kan ku coba mencari mood untuk menuliskan pengalaman 7 tahun di belakang layar itu (semoga mau padahal draft tulisan udah ada)

FROM SETIABUDI 229 WITH LOVE (Part 1)


Call it a clan, call it a network, call it a tribe, call it a family: Whatever you call it, whoever you are, you need one. 
— Jane Howard —


Mengawali menulis kisah dua insan yang dipertemukan dalam satu organsasi hingga akhirnya yang orang katakan cinta lokasi. Terkadang menuliskan sesuatu roman non fiksi banyak kekhawatiran terdapat makna tersirat yang menyinggung atau tidak berkenan untuk dibaca secara umum jadi ya banyak hal yang coba di filter dan di hide demi demi yang ingin didemikan.


"Teruntuk Kiki Solihin, S.Pd yang selalu memotivasi dan mendampingi dengan sabar dan penuh pengertian kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi."

(Tulisan sesuai dengan ucapan terima kasih dalam skripsi pemilik blog)


Hai patner yang hingga tulisan ini di publish terhitung sudah 78 bulan 6 hari kita berjalan sebagai sahabat. Sahabat berbagi dalam berbagai hal dan menghargai pilihan kehidupan tanpa saling mengekang, mengawali komitmen sebagai pacar. Selama 78 bulan 6 hari aku tetap menjadi pribadi yang bisa tetap menjalani kehidupan dengan apa yang kupilih tanpa perlu meminta pertimbangan dan saling menekan, "belum jadi suami aja so ngekang dan ga bolehin ini itu situ oke"
Bertemu di bulan september 2009 sebagai pengurus yang menyambut adik baru dan masih sama-sama asing dalam komunikasi. Pernah menjadi pemateri manajemen perkemahan pun yang ada dia ku serang dengan pertanyaan abis kesel dijawab singkat dan tiis pisan (kayanya dia mah lupa).
Mulai saling mengenal di Desember 2009 sempat menemui kecocokan hingga akhirnya memutuskan untuk berjalan dengan kehidupan dan waktu karena sama-sama menghargai pasangan masing-masing.
Hingga akhirnya hati tak dapat dibohongi untuk menjadikan sebagai sebuah hubungan tepat di 25 Juni 2010 berkomitmen untuk menjadi pasangan, berkomitmen untuk tidak saling menutupi kekurangan tapi saling menguatkan. Kerikil permasalahan selalu ada mulai dari awal tahun yang alay dan menomor satukan kehidupan berdua hingga akhirnya mengalir seperti waktu yang terus berjalan.
Akhir tahun 2013 tepat di waktu setelah lebaran menjadi prototype pasangan dalam tempat yang mempertemukan kita, selalu disoroti hingga terkadang kita lelah untuk selalu terlihat sempurna dari satu sudut pandang hingga akhirnya memutuskan untuk tabah akan setiap penilaian karena lebih baik mengerjakan yang bisa dilakukan tanpa lelah, hingga akhirnya kita akan tetap menjadi kita. Apakah kita kalah dengan pandangan itu? Sepertinya tidak karena waktu yang membuat pada umumnya dapat melihat karya yang kita hasilkan sekalipun tidak diakui dan diapresiasi karena kita tidak pintar menjadi penjilat yang baik.
Tepat di tahun 2016 hampir setengah tahun menjadi goncangan terbesar dalam kisah kita fase dimana segalanya seperti hambar dan tak bernyawa hingga akhirnya untuk menapaki langkah paling serius tepat di tanggal 25 Desember 2016 kau datang bersama dengan keluargamu karena kita tidak sekedar kita, ada keluarga yang akan disatukan dan doa mereka menyertai di setiap perjalanan kita. Beberapa bulan ke depan akan menjadi hari sakral dalam hidup kita, semoga selalu diberi kelancaran.
Ada beberapa hal yang membuat kita bertahan salah satunya yaitu jangan biarkan orang lain ngontrak ketika kita berdua (dunia itu bukan cuma milik berdua bro dan jangan biarkan mereka canggung ketika ada pasangan), salah dua dan seterusnya nanti di part berikutnya (caelah kaya yang rajin nulis aja)

Furqon.Doc
Collages Photo By Simiati Nurwakhidin 
*emang dari dulu lebih bagus candid daripada foto 1,2,3 cekrek*
Foto diambil ketika wisuda 14 Desember 2016 




CERITA DI BALIK SAMBAL GORENG KENTANG HATI

Sambel goreng kentang merupakan makanan asli Indonesia, di setiap daerah pasti selalu ditemui dengan cara masak yang berbeda. Sambel goreng kentang pada umumnya sering kita temui saat lebaran sebagai salah satu menu dalam sajian kudapan lebaran di keluarga besar ibu. Proses memasak olahan kentang manapun pasti memerlukan waktu yang lumayan saat mengolahnya apalagi memasak sambel goreng kentang. Sambel goreng kentang merupakan masakan favorite saya terutama yang dibuat oleh mbah putri, dulu pernah saking sukanya bercita-cita bisa memasak sambel goreng kentang. Setelah sekian lama akhirnya baru kesampaian bisa masak ihayyyyy. 
Berawal dari mbah kakung yang tiba-tiba beli kentang 3kg dan pas ditanya mau  masak apa bilangnya terserah 'nah loh' jadi aja kepikiran masak sambel goreng kentang dengan tambahan hati, pada umumnya suka ditambahin pete tapi saya ga pake karena ga doyan. Masaknya lumayan lama banget dari jam 9 pagi sampai jam 12 siang ishhhh diselengi nonton marimar (ema-ema banget deh gw). Ini bikin bumbu halusnya untung pake blender coba kalau manual duhhhh makasih berat deh, iyya rasa beda tapi kalau bisa dibuat simpel kenapa harus ribet. 
Pas dicobain rasanya enak dong, ga tawar2 banget lah. Dan biar ga lupa mending di tulis di blog aja.
Ini resepnya, ini penampakan setelah jadi
Doc.Pribadi


Resep Sambel Goreng Kentang Hati

Cara Membuat
1kg kentang
5 hati ayam
2 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
400ml santan
4 cm lengkuas geprek
4 sdm air asam jawa
2 batang sereh geprek
1 bungkus bumbu instan ayam goreng

Bumbu halus
1 sdm garam
14 cabai merah tanjung (buang biji)
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
15 butir bawang merah
10 butir bawang putih
2 cm jahe
10 butir kemiri (sangrai dulu sebelum di haluskan
2 buah tomat ukuran sedang
2 sdm gula merah

Cara Membuat
1. Potong kentang ukuran dadu/sesuai selera dan rendam dalam air garam
2. Cuci hati ayam sampai bersih lalu rebus dengan ditambah air asam dan bumbu instan ayam goreng. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan. Hati ayam goreng hingga kecoklatan lalu potong hati ayam ukuran dadu
3. Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas hingga harum dan matang
4. Masukkan santan lalu tambahkan air asam jawa lalu aduk rata
5. Jika santan sudah mulai berkurang masukkan kentang dan hati ayam
6. Jika kuah kering, angkat dan siap dihidangkan

Kalau beli hati otomatis sepasang sama ampela (ini kalau beli di pasar), kalau suka boleh digabung nah kalo saya ga pake ampela karena mbah ga doyan. Nyuci ati ampela ini harus sampai bersih banget ya apalagi ampela kalau ga pinter masak pahit karena pup nya kagak dibersihin. Terus ampelanya dikemanain kalo ga dimasak dikemanain? Ya udah makan aja sama nasi putih anget sama saos juga nikmat.
Doc. Pribadi







Senin, 05 Desember 2016

PERMAINAN TRADISIONAL




Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak zaman dulu. Sebagian besar permainan ini dilakukan dengan cara kelompok. Kehidupan masyarakat di masa lampau yang bisa dibilang tidak mengenal dunia luar telah mengarahkan dan menuntun mereka pada kegiatan sosial dan kebersamaan yang tinggi. 

Terlebih kebudayaan Indonesia pada umumnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. Hal ini yang kemudian mendorong tercipta nya jenis permainan tradisional. Sayang nya perkembangan zaman khususnya perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat jenis permainan ini perlahan mulai menghilang. Beberapa permainan tradisional yang mengingatkan kita akan indahnya dunia permainan masa lalu.

1.    Permainan Benteng
Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok, masing–masing kelompok terdiri dari 4 sampai 8 orang bahkan lebih. Kedua kelompok kemudian akan memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar yang disebut sebagai “pertahanan”. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih “pertahanan” lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata pertahanan. Kemenangan juga bisa diraih dengan “menawan” seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi “penawan”, ditentukan dari siapa yang paling akhir menyentuh “pertahanan” mereka. 
Sumber : Google


2.    Permainan Congklak
Permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji  dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuhan. Permainan ini dilakukan oleh dua orang. Dalam permainan mereka menggunakan papan yang dinamakan papan dan 98 (14 x 7) buah biji. Umumnya papan terbuat dari kayu dan plastik, sedangkan bijinya terbuat dari cangkang kerang, biji-bijian, batu-batuan, kelereng atau plastik. Pada papan terdapat 16 buah lobang yang terdiri atas 14 lobang kecil yang saling berhadapan dan 2 lobang besar di kedua ujungnya. Setiap 7 lobang kecil di sisi pemain dan lobang besar di sisi kanannya dianggap sebagai milik sang pemain. Pada awal permainan setiap lobang kecil diisi dengan tujuh buah biji. Dua orang pemain yang berhadapan, salah seorang yang memulai dapat memilih lobang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lobang di sebelah kanannya dan seterusnya. Bila biji habis di lobang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bisa habis di lobang besar miliknya maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lobang kecil di sisinya. Bila habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Tetapi bila berhenti di lobang kosong di sisi lawan maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat diambil (seluruh biji ada di lobang besar kedua pemain). Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak. 
Sumber : Google


3.    Permainan Kelereng
Aku mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca atau tanah liat. Ukuran aku sangat bermacam-macam, umumnya 1,25 cm. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak sekolah dasar umur 7 tahun. Ternyata, aku juga dapat ditemukan di belahan dunia lain. Sejak abad ke-12, di Prancis, disebut dengan bille, artinya bola kecil. Lain halnya di Belanda dikenal dengan nama knikkers. Di Inggris ada istilah marbles. Marbles sendiri digunakan untuk menyebut aku terbuat dari marmer yang didatangkan dari Jerman. 
Sumber : Google

4.    Permainan Gobak Sodor
Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3–5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
Sumber : Google


5.    Permainan Gasing
Aku adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Aku merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Sebagian besar aku dibuat dari kayu, walaupun sering dibuat dari plastik, atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Tali umumnya dibuat dari nilon, sedangkan tali gasing tradisional dibuat dari kulit pohon. Panjang tali berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkan. 
Sumber : Google


6.    Permainan Kasti
Aku merupakan sejenis olahraga bola seperti halnya olahraga softball atau baseball. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. 
Sumber : Google


7.    Permainan Layang - layang
Permainan aku juga dikenali dengan nama wau merupakan satu aktivititas menerbangkan aku tersebut di udara. Pada musim kemarau di Indonesia anak-anak selalu bermain karena anginnya besar. 
Sumber : Google


8.    Permainan Petak Umpet
Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi “kucing” (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 25, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi. Setelah hitungan sepuluh, mulailah ia beraksi mencari teman-temannya tersebut. Jika ia menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya yang dia temukan tersebut. Yang seru adalah, ketika ia mencari, ia biasanya harus meninggalkan tempatnya. Tempat tersebut jika disentuh oleh teman lainnya yang bersembunyi maka batallah semua teman-teman yang telah ditemukan, artinya ia harus mengulang lagi, di mana-teman-teman yang sudah ketemu dibebaskan dan akan bersembunyi lagi. Lalu si kucing akan menghitung dan mencari lagi. Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya. Ada satu istilah lagi dalam permainan ini, yaitu “kebakaran” yang dimaksud di sini adalah bila teman kucing yang bersembunyi ketahuan oleh si kucing disebabkan diberitahu oleh teman kucing yang telah ditemukan lebih dulu dari persembunyiannya. 
Sumber : Google


9.    Permainan Panjat Pinang
Aku salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam kemudian berlomba sampai ke garis akhir. Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura. Aku banyak ditemui ketika pelaksanaan hari kemerdekaan.
Sumber : Google


10.     Permainan Egrang
Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantaiatau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun.
Egrang di Indonesia biasa dimainkan ataupun dilombakan saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Egrang dengan versi lain juga dimainkan pada saat upacara sunatan.
Sumber : Google



11.     Permainan Boi – boian
Model permainannya yaitu menyusun lempengan batu, biasanya diambil dari pecahan genting atau pocelen yang berukuran relatif kecil. Bolanya bervariasi, biasanya terbuat dari buntalan kertas yang dilapisi plastik, empuk dan tidak keras, sehingga tidak melukai. Satu orang sebagai penjaga lempengan, yang lainnya kemudian bergantian melempar tumpukan lempengan itu dengan bola sampai roboh semua. Setelah roboh maka penjaga harus mengambil bola dan melemparkannya ke anggauta lain yang melempar bola sebelumnya. Yang terkena lemparan bola yang gatian menjadi penjaga lempengannya.
Sumber : Google


12.     Permainan Ular Tangga
Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK - SD).

Cara Bermain: 
Anak-anak berbaris bergandeng pegang 'buntut', yakni anak yang berada di belakang berbaris sambil memegang ujung baju atau pinggang anak yang di mukanya. Seorang anak yang lebih besar, atau paling besar, bermain sebagai "induk" dan berada paling depan dalam barisan. Kemudian dua anak lagi yang cukup besar bermain sebagai "gerbang", dengan berdiri berhadapan dan saling berpegangan tangan di atas kepala. "Induk" dan "gerbang" biasanya dipilih dari anak-anak yang tangkas berbicara, karena salah satu daya tarik permainan ini adalah dalam dialog yang mereka lakukan. 
Barisan akan bergerak melingkar kian kemari, sebagai Ular Naga yang berjalan-jalan dan terutama mengitari "gerbang" yang berdiri di tengah-tengah halaman, sambil menyanyikan lagu. Pada saat-saat tertentu sesuai dengan lagu, Ular Naga akan berjalan melewati "gerbang". Pada saat terakhir, ketika lagu habis, seorang anak yang berjalan paling belakang akan 'ditangkap' oleh "gerbang".
Setelah itu, si "induk" --dengan semua anggota barisan berderet di belakangnya-- akan berdialog dan berbantah-bantahan dengan kedua "gerbang" perihal anak yang ditangkap. Seringkali perbantahan ini berlangsung seru dan lucu, sehingga anak-anak ini saling tertawa. Sampai pada akhirnya, si anak yang tertangkap disuruh memilih di antara dua pilihan, dan berdasarkan pilihannya, ditempatkan di belakang salah satu "gerbang".
Permainan akan dimulai kembali. Dengan terdengarnya nyanyi, Ular Naga kembali bergerak dan menerobos gerbang, dan lalu ada lagi seorang anak yang ditangkap. Perbantahan lagi. Demikian berlangsung terus, hingga "induk" akan kehabisan anak dan permainan selesai. Atau, anak-anak bubar dipanggil pulang orang tuanya karena sudah larut malam.


13.     Permainan Bekel
Permainan bekel umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan tapi permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi pada saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.

14.     Permainan Monopoli
Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Cara Bermain: 
Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.
Sumber : Google



Dikutip dari berbagai sumber dan dengan perubahan seperlunya


Sabtu, 03 Desember 2016

MANFAAT FACE PRIMER

Semangat pagi
Minggu cerah ini saya mau share hasil saya ikut training online tentang face primer di grup khusus yg diadakan oriflame bandung yang pernah saya ikuti di tengah tahun 2016

Kita mulai ya sharing hari ini
Face primer/base adalah salah satu tahap pada make up.
Face primer/base salah satu kunci dari make up terlihat flawless (sempurna)

Masih binggung?
Kita coba analogikan dalam dunia melukis face primer itu seperti cat primer
Cat Primer Adalah cat pertama yang dicat-kan pada permukaan bahan/ medium.
Adapun fungsinya adalah:
Pertama, memberikan daya lekat yang baik terhadap permukaan bahan;
Kedua, memberikan daya lekat yang baik terhadap cat berikutnya;
Ketiga, memberikan daya tahan yang baik terhadap karat.

Sudah paham kan ya apa itu face primer
Sy akan posting perbedaan antara face primer, foundation dan concealer

Kapan face primer digunakan?
Dipakai setelah pakai pelembab dan sebelum foundation

Contoh kasus
Pada saat make up pernah ngerasa ga sie seperti penggorengan minyak pas pake foundation? Itu karena cuma pakai pelembab yg sifatnya meresap ke dalam pori dan memberikan nutrisi/cover dengan foundation agar tahan lama

Manfaat umum face primer
1. Membantu make up bertahan lama
2. Memberikan hasil akhir yang lebih halus di kulit
3. Menambah lapisan ekstra diatas kulit sehingga make up lebih tahan lama dan tidak menyumbat pori-pori

Kegunaan face primer
1. Menyamarkan garis halus
2. Menyamarkan pori-pori
Agar make up nampak natural
3. Mengurangi minyak dan memberikan efek matte
Ambil sedikit face primer lalu aplikasikan gerakan menepuk pada area antara alis,samping hidung dan dagu untuk memperbaiki skin tone
4. Menyamarkan jerawat
Tempelkan pada area jerawat sebelum foundation/concealer. Taburkan sedikit bedak sebagai pengunci
5. Mencegah lipstik berantakan
Mencegah agar lipstik tidak meluber ke luar garis bibir. Aplikasikan ke bibir dan diamkan sejenak
6. Menebalkan dan memanjangkan bulu mata
Aplikasikan pada bulu mata sebelum maskara sebagai "base" lalu gunakan maskara
7. Base sebelum menggambar alis
Oleskan tipis dan biarkan mengering. Produk alis akan lebih tahan lama tanpa takut luntur
8. Eye shadow tidak mudah pudar
Oleskan secara tipis pada kelopak mata sebelum eyeshadow. Warna eyeshadow lebih terlihat, tidak mudah pudar dan tidak berantakan.

Bila melihat point 1-8 semua menyarankan untuk mengaplikasikan face primer/base dengan tipis, kenapa? Karena apabila tebal akan terlihat lebih berminyak hasil make up nya.

Demikian sharing review produk make up semoga bermanfaat bagi yang ingin mempelajari tentang dasar-dasar make up

Mau coba produk face primer oriflame, bulan desember 2016 lagi promo nih bun sist
Oriflame.doc