Minggu, 31 Maret 2019

SINOPSIS NOVEL RENCANA PALING SEMPURNA SIDNEY SHELDON



Judul : The Best Laid Plan (Rencana paling sempurna)
Penulis : Sidney Sheldon
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hendarti Setiadi
Cetakan kedelapan Oktober 2006
ISBN 979 605 870 7

BLURB
Lestie Stewart, wanita cantik dan ambisius, menyadari bahwa kekuasaan bagi beberapa laki-laki adalah sesuatu yang paling menggairahkan. Dan Oliver Russel, gubernur tampan dari negara bagian kecil di Selatan menyadari bahwa kemakmuran seorang wanita ternyata mengalahkan dahsyatnya api neraka.
Kedua orang itu sama-sama menuju ke arah yang berlawanan. Oliver menyusun strategi untuk merebut kursi di Gedung Putih ; Lestie menyusun rencana untuk membuat laki-laki itu menyesal pernah dilahirkan ke dunia. Akhirnya keduanya harus mengakui bahkan rencana yang paling sempurna pun bisa meleset dengan akibat maut.

Kisah ini mengungkapkan liku-liku dua lembaga yang paling berkuasa dan keji di Amerika; dunia politik yang penuh dengan skandal, korupsi dan kejahatan yang terselubung ; dan dunia penerbitan surat kabar; tempat kekuatan pers biasanya dipakai untuk menghancurkan kehidupan atau menjatuhkan kepala negara demi mendapatkan berita atau meraih penghargaan.

SINOPSIS
Leslie Stewart begitu kecewa dan patah hati terhadap sikap Olliver Russel, lelaki yang didukungnya menjadi gubernur di Kentucky disaat para penyokong kampanye sebelumnya menarik dukungan. Menjelang hari pernikahannya, lelaki itu malah pergi ke paris dan menikah dengan mantan kekasihnya Jan, yang juga sebagai putri Senator Todd Davis. Meski ia memperlihatkan sikap merelakan pada media, tapi ia menyusun rencana untuk membuat Olliver menyesal meninggalkannya. Sementara Olliver menanjak dalam karier politiknya, berkat bantuan Senator Todd dan Peter Tager, Leslie pun meniti karier dalam bidang penerbitan. Keduanya semakin sibuk dan berhasil. Olliver mencapai posisi puncak sebagai presiden amerika, dan leslie memiliki banyak kantor penerbitan, saluran televisi dan media besar lainnya.

Salah satunya adalah Washington Tribune, di mana Matt Baker dan Dana Evans bekerja untuknya. Rencana besarnya sedikit lagi akan berhasil, yaitu menggulingkan kekuasaan Olliver melalui berita negatif tentangnya. Hal itu semakin mendekati tujuannya, sebab banyak isu negatif terutama pembunuhan yang terkait dengan gedung putih. Kecurigaan utama mengenai pembunuh 6 orang yang hampir memiliki kedekatan dalam pekerjaan Olliver dan siapa pun yang berusaha menggali informasi tentangnya lalu mati dalam sebuah kecelakaan yang terlalu kebetulan, semua ditujukan pada Olliver. Namun ternyata ada yang keliru, dan membuat rencana paling sempurna itu gagal

REVIEW
Sedikit bercerita lumayan lama saya berniat ingin membaca buku dengan genre misteri seperti halnya ketika masih zaman sekolah karena sekarang lebih senang menonton film dan youtube tema misteri lebih terasa ringan dengan aktivitas sekarang. Tapi ternyata setelah sekian lama koleksi buku lebih banyak romance dan fantasi baru sekarang setelah masuk kelas misteri saya baru ingat dirumah ada buku Shidney Sheldon yang belum saya baca yaitu The Best Laid Plan (Rencana Paling Sempurna)
Novel misteri ini bisa dikategorikan novel trailer dengan dominan konspirasi politik. Awalnya saya berpikir tokoh utama cerita berada di ‘tangan’ Leslie dan Oliver, ternyata ada sosok Dana Evans, seorang wartawati yang tiba-tiba hadir dan menjadi pembongkar aib bejat tokoh pemerintahan terkemuka. Dana menjadi tokoh utama dengan akhir cerita yang membahagiakan. Agak bingung juga sih, tapi tetap menarik. Menariknya terletak pada akhir cerita dendam Leslie, sosok misterius si maniak seks, dan cara Dana mengungkap si pembunuh, benar-benar di luar dugaan, Selain itu, konflik Timur Tengah, intrik politik, dan kondisi perang Bosnia Herzegovina menjadi bagian-bagian yang membuat cerita lebih bervariasi. Sosok Dana Evan lengkapnya ada Di buku karya Shidney Sheldon lainnya dengan judul The Sky Is Falling (Langit Runtuh) dimana ketika membaca review lainnya kenapa novel ini ratingnya tidak bagus karena sebagian kisah novel ini mirip dengan kisah novel langit runtuh.

Selama ini kalau membaca novel detektif atau misteri, saya selalu berpegang pada prinsip “curigailah orang yang paling tidak dicurigai”. Tapi prinsip itu lumayan sukses diterapkan saat membaca buku ini. Buku yang terdiri dari 24 bagian pada twist terakhir dikejutkan dengan dalang dibalik semua peristiwa. Bisa jadi otakku agak lengah, tapi berhasil menggiring saya untuk mengikuti plot yang dia ciptakan.

Pelajaran moral yang diambil dari novel ini yang tersirat disampaikan (bisa jadi spoiler juga dalam alur novel ini) yaitu
1.      Jangan mempercayai ramalan secara utuh
2.     Tidak selamanya tokoh yang ditampilkan terlihat baik secara kekeluargaan dan agama adalah benar, bisa jadi itu adalah cara untuk menutupi kebobrokan sifat yang tersembunyi

“Perdamaiana adalah kata yang mudah diucapkan tapi akibat yang ditimbulkan bias merambat kemana-mana. Perdamaian tidak memberikan keuntungan finansial. Selama ada perang, negara-negara lain membeli persenjataan buatan Amerika senilai miliaran dolar. Dalam keadaan damai, mereka tak membutuhkan semjata. Harga minyal bumi pun melonjak berhubung Iran dilarang menjual minyaknya, sehingga Amerika Serikat diuntungkan.” (Hal. 314)

Minggu, 24 Februari 2019

CITA CITA TERKABULKAN

Pernah ingat masa sekolah ketika ditanya guru apakah cita-citamu. Entah karena melihat sosok guru adalah penyelamat bagaikan bidadari atau pahlawan bertopeng pada masa sd dimana selalu dapat bullying saat itu (akan ada masa saya akan ceritakan masalah itu). Sehingga selalu memiliki jawaban cita-cita ingin jadi guru. Walaupun berjalannya waktu cita-cita itu pudar tergantikan oleh sosok profesi yang lebih menarik dan hebat.

Bagaimana jika ternyata cita-cita tersebut merupakan sebuah doa yang dikabulkan disaat yang tepat. Tepat setelah sebulan masa penggangguran wisuda akhirnya menjadi guru demi sebuah status dan membahagiakan orang tua karena lihat anaknya bukan diam aja nunggu waktu nikah (karena masa itu saya sudah dilamar) dan memiliki pekerjaan

Bagaimana jika ternyata sebuah niat hanya ingin sementara menjadi guru malah berlanjut hingga sekarang entah sudah terjebak pada sebuah perasaan sedih meninggalkan.
Bagaimana jika nanti saya tidak menjadi guru apakah saya akan bertahan lama dibandingkan profesi2 sebelumnya yang bertahan tidak lebih dari setahun atau menjadi ibu rumah tangga karena menjadi ibu rumah tangga pun bukan hanya profesi hanya tapi sebuah pengabdian.

Pernah di publikasi di Instagram tanggal 13 Januari 2019
Doc.pribadi

Minggu, 20 Januari 2019

3 HAL YANG MEMPENGARUHI NILAI UJIAN PESERTA DIDIK

Harap tenang saat ujian

doc pribadi

Dari sekian ujian yang dinilai akhirnya saya memiliki sedikit kesimpulan sederhana berdasarkan sudut pandang seorang pendidik di salah satu SMK swasta di Kota Bandung, bahwa hasil ujian peserta didik ditentukan oleh 3 hal, yaitu :

doc pribadi


1. Posisi duduk
Ada posisi-posisi tertentu ketika pengawas duduk dan berdiri terdapat titik mati dimana sekalipun si peserta didik mencontek tidak akan ketahuan. Dan bisa jadi ketika teman sebelah kanan kiri pintar dapat sedikit inspirasi jawaban

2. Siapa pengawasnya
Siapa yang menjadi pengawasnya pasti akan sangat mempengaruhi kemurnian  nilai ujian peserta didik. Terkadang pengawas suka menutup mata karena berpikir mengalami menjadi seorang peserta didik yang butuh nyontek tapi secara moral kita pun perlu mengarahkan peserta didik kita untuk benar bukan dan berpikir mau nyontek atau engga nilai akan tetap sama. Tenanglah bila saya sedang mengawas sangat baik hatinya 🤣

3. Faktor keberuntungan
Beruntung bila yang dihapal dan dibaca keluar ketika ujian, beruntung dapat pengawas penuh toleransi, beruntung posisi duduk di titik mati penglihatan pengawas dan keberuntungan lainnya.

Maka tenanglah dan jangan sampai ketidaktenangmu mempengaruhi nilaimu

doc pribadi

Minggu, 06 Januari 2019

KEGIATAN OLAHRAGA DI HARI MINGGU

Setiap wilayah pasti mempunyai tempat pasar kaget minggu dimana kita bisa beli barang dengan harga miring (apabila beruntung pintar menawar).

 Sebagai orang yang sudah 10 tahun lebih memghuni wilayah Bandung Raya ada beberapa tempat pasar kaget sekaligus tempat olahraga pagi di hari minggu yang suka saya kunjungi.
1. Gasibu
2. CFD dago
3. Pamkot cimahi
4. Lapangan brigif cimahi
Dan masih banyak lainnya



Hari ini saya kunjungi lapangan brigif cimahi, apabila yang datang mau ke arah Bandung dari pinggir terlihat lokasinya dimana. Hari minggu dibolehkan untuk dijadikan sebagai pasar kaget, hari biasapun kalau pagi dan sore suka digunakan untuk joging.

Ada beberapa tipe (menurut pendapat saya) apabila ada orang yang datang ke pasar kaget minggu

1. Apabila dia datang antara jam 06.00 - 08.00
Berarti dia niat olahraga pagi dan belanja jadi pilihan kedua setelah selesai olahraga
2. Apabila dia datang antara 08.00 - 10.00
Niat untuk olahraga sebentar dan lama belanja
3. Apabila dia datang antara 10.00 - 11.30
Niat belanja karena berpikir bila belanja sebelum waktu bubar akan dpt harga murah


Kamu yang mana?
Foto diambil pukul 10.58, jadi sudah tau lah ya saya tipe apa
🤣

Minggu, 09 Desember 2018

HUJAN ADALAH AIR

Memasuki bulan desember pada umumnya kita akan melewati musim liburan akhir tahun dan sudah tentu macet dimana-mana. Cuaca pun pada umumnya dibulan ini hujan yang terkadang membuat jadi kendala apabila kita ingin bepergian.

Ketika saya menanyakan makna hujan di aplikasi bertanya yang disediakan di Instagram dan muncullah beberapa jawaban.


Orang yang berpikir logika akan menjawab bahwa hujan adalah air yang jatuh dari langit. Ketika hujan turun ya berteduh kalau tidak bawa payung atau jas hujan, mau buru2 ya hujan-hujanan. Bahkan mempertanyakan mengapa bertanya tentang hujan

Ketika bertanya kepada orang yang memiliki sisi kebaperan maka muncullah beberapa kalimat puitis seperti
1. Hujan itu dia yang selalu buat aku merindu. Dia suka hujan dan aku jadi membenci hujan
2. Rintik rindu
3. Tenang, aku tu suka banget sama ujan apalagi kalau ujan gerimis gemez
4. 99% kenangan 1% air
Dan beberapa jawaban yang apabila dirangkai menjadi novel

Mengutip kalimat di novel hujan karya Tere Liye
"Jangan pernah jatuh cinta saat hujan karena ketika besok Lisa kamu patah hati. Setiap kali hujan turun, kamu akan terkenang dengan kejadian menyakitkan itu."

Hujan bagaikan sebuah perjalanan yang ada pemberangkatan dan pemberhentian jadi nikmatilah dinamika kehidupan yang terkadang seperti cuaca yang kadang tak menentu

Minggu, 25 November 2018

CANTIK

Sumber : https://pertamakali.com/kumpulan-kata-kata-bijak-tentang-kecantikan/

Kecantikan adalah karunia yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta. Berbekal akal, nafsu dan hati terkadang perempuan tidak puas dengan kadar kecantikan yang diberikan kepadanya. Dan akhirnya melakukan perubahan pada kecantikan dasar dan peralatan yang digunakan untuk mengubah kadar kecantikan adalah make up. Dengan make up, perempuan yang awalnya merasa kurang cantik dapat diubah menjadi lebih cantik. 

Dibalik semua itu tahukah kamu bahwa hakikat menjadi cantik dengan make up adalah tidak asli (original). Karena jika make up tersebut hilang maka kecantikanpun memudar. Ada kecantikan hakiki yang harusnya dimiliki oleh setiap wanita yaitu kecantikan dari dalam (inner beauty). Kecantikan ini memang kadang kala tidak terlihat namun bisa dirasakan manfaatnya dibandingan dengan kecantikan fisik yang merupakan polesan make up.

Ada pepatah bijak mengatakan
"Perempuan yang cantik itu adalah wanita yang cantiknya bukan sekedar dinilai dari seberapa orang memuji paras rupa tetapi seberapa banyak orang yang menyukainya karena kebaikan akhlak, ibadah dan prestasi."

Senin, 22 Oktober 2018

ATURAN TERLUPAKAN


Sekolah
Tempat mencerdaskan calon penerus bangsa!

Beberapa materi pelajaran kudapati disini, matematika, kimia, fisika, bahasa indonesia, kesenian, prakarya dan masih banyak materi lain yang tak dapat kusebut satu persatu, sebagai murid aku pun menjalani peranku… menerima setiap pelajaran yang memang sudah ditentukan sekolah, sebagai murid aku juga mentaati peraturan yang telah dibuat, tentu aku juga harus terima, bahkan ketika seorang guru menyuruh mengerjakan PR sekolah, aku juga tak bisa protes.

Sampai detik ini aku masih bertahan dengan statusku sebagai murid yang menaati peraturan sekolah.

Setiap pelajaran pasti ada yang membosankan bagiku, entah karena gurunya yang belum berpengalaman atau mungkin karena pelajarannya yang tidak disukai, entahlah… aku hanya bisa menerima apa yang mereka berikan.

Sampai detik ini masih terasa wajar-wajar saja kehidupan di sekolah, seorang guru mengatakan “Kalian dilarang memakai make up di sekolah!”. Kami pun nurut saja karena memang itu sudah menjadi peraturan di sekolahku, seorang teman bertanya padaku “hei, sist kalo di sekolah tidak boleh memakai make up berarti kalua lagi hangout boleh dong ya?”

Aku pun nyeletuk “tentu saja kan peraturan hanya berlaku di sekolah”.
Lalu guru itu melanjutkan perkataannya. “Kalau kalian sempat kedapatan memakai make up  di sekolah kalian akan diskors dari sekolah”.

Sebagai murid tentu saja harus taat peraturan, kami pun tak pernah sedikit pun melanggar nasehat guru tersebut (bila tidak terlihat).

Bulan berganti tahun tak terasa kami pun sudah akan naik kelas, tentunya sebelum itu harus melewati ujian terlebih dahulu.

Ujian jaman sekarang bisa dibilang gampang-gampang susah, bagaimana tidak ketika kita menemui guru yang “kutu buku” kami harus menjawab soal untuk dapetin nilai bahkan jika belum cukup harus remedial (mengulang), nah, kalo guru yang satu ini sih lumayan ribet urusannya karena ketika jawab soal harus benar-benar tepat jawabannya sesuai buku, ada lagi guru yang asyik nih tidak maksain kehendak yang penting jawaban sudah mendekati sudah dianggap benar, oke lanjut…

Semua tipe guru di atas adalah wajar bagi kami, karena guru juga manusia kan, punya karakter yang berbeda-beda.

Yang paling aku merasa aneh adalah guru prakarya karena biasanya dia cuman menyuruh muridnya untuk membuat keterampilan tangan, bebas sesuka hati, aku sih masih merasa wajar karena keterampilan tangan juga salah bentuk dari karya.


Salah satu teman mengatakan padaku.
“Hei, sist kamu buat keterampilan apa?”.
Aku pun menjawab. “Buat kotak make up  dari karton duplex  sist, soalnya aku males buat lain, cuma itu yang aku bisa? Gimana menurutmu lebih bermanfaat kan “.
Temanku pun menyahut. “Eh tapi kan di sekolah ini peraturannya tidak boleh memakai make up, sist?”.
Aku pun menjawab. “Eh, siapa bilang lihat tuh guru yang nyampaikan bahwa di sekolah dilarang memakai make up, eh dia memakai make up juga kan di sekolah bahkan ketika sedang mengajar?”.
“Betul juga sih sist”. Kata temanku.
Kami pun mulai membuat kotak make up  dari karton duplex , setelah siap barulah kami serahkan pada guru prakarya.

Hasil karya kami dikasih nilai yang lumayan bagus, selain itu guru tersebut juga senang dengan karya yang kami buat.
Dalam hatiku berkata, lemari kecil itu kan aku buat asal jadi aja gak ada yang istimewanya dan lagian aku memang gak bisa buat keterampilan lain dari itu karena males aja.

Coba saja jika dia paham dengan peraturan sekolah ini pasti kami udah diskors karena telah membuat kotak make up  dari karton duplex yang artinya mendukung orang buat memakai make up, aneh juga jika dipikir.
Nasehat dari guru itu kami langgar dengan membuat kotak make up  dari karton duplex tetapi mereka sendiri lupa dengan peraturan yang berlaku di sekolah, gimanalah sekolah zaman sekarang, aneh betul.

Sumber : http://tulisanmahasiswasosant.blogspot.com