Minggu, 02 Oktober 2016

BATIKKU

Sekarang tanggal berapa?
Coba – coba cek kalender,,,,bila tak punya kalender lihatlah hapemu (semoga ada setting kalender)
Iyyesss sesuai kalender tanggal 02 Oktober
Tepat di tanggal 02 oktober kita memperingati 2 hal yaitu : Hari Tahun Baru Islam 1438 H dan secara nasional kita memperingati sebagai Hari Batik Nasional.
Sumber Foto : http://www.markijar.com

Pernah selintas menngingat sejarah hari batik nasional karena takut salah akhirnya browsing ke mbah google tercinta, akhirnya bertemulah di mbah Wikipedia yang beralamat di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hari_Batik_Nasional

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.
Sumber Foto : http://www.markijar.com

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Tambahan informasi tentang sejarah hari batik

Penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sendiri telah tercantum dalam Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 33 Tahun 2009.
Penetapan Hari Batik Nasional juga sebagai usaha pemerintah dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif indonesia di forum internasional. Karena pengakuan terhadap batik sebagai warisan leluhur bangsa indonesia sama hal nya dengan pengakuan dunia internasional terhadap mata budaya Indonesia. Tujuan lain dari pengakuan batik sebagai warisan leluhur indonesia adalah untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga masyarakat indonesia terhadap kebudayaan Bangsanya.
Dalam situs resmi UNESCO ditulis bahwa Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, alam, kebudayaan lokal dan sejarah itu sendiri. Batik merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Batik dipercaya menjadi bagian penting yang tak terpisahkan pada masyarakat Indonesia sejakm ia lahir hingga meninggal. Karena Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia, khususnya Jawa, yang sampai saat ini masih ada.
Untuk informasi saja, Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presien Soeharto, yang kala itu memakai batik di Konferensi PBB bersama negara-negara lain. Batik juga pernah digunakan oleh tokoh-tokoh dunia, seperti Barack Obama, Nelson Mandela, Zinedine Zidane dan juga Bill Gates (saat mengunjungi Indonsia).
Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Hari Batik Nasional merupakan wujud rasa syukur dan pendorong untuk terus mengembangkan batik nasional.

Menurut Simiati Nurwakhidin Batik itu tidak dipungkiri identik dengan acara kondangan, batik itu seperti baju penyelamat ketika tak punya gaun/baju formal  bagi perempuan dan jas/kemeja formal ketika menghadiri acara undangan resmi. Bahkan dalam istilah mahasiswa modal ke kondangan, pernah kejadian beberapa teman dia sering menghadiri acara pernikahan yang memakai gedung di kampus (secara gedung yang ada di UPI sering disewakan untuk penyelenggaraan pernikahan) dengan modal baju batik dan datang pada saat undangan ramai, hingga akhirnya ada kejadian pada saat dia menghadiri undangan bertemu dengan dosennya, sampai ia lulus selalu terkenang oleh dosennya. Ketahuilah menghadiri undangan pernikahannya untuk dapat makan gratis (mahasiswa gitu loh), untung saya tidak sama sekali tertarik ikut-ikutan *resiko malunya kalau ketahuan bo*.
Sumber Foto : http://www.markijar.com

Koleksi batik yang saya ingat sejumlah 9 buah, batiknya terhitung dari tahun 2008. Bukannya ga nasional atau cinta kebudayaan Indonesia tetapi batik yang dipunya itu rata-rata bukan beli yang disengaja banget pengen beli tapi beli karena moment yang mengharuskan beli dan memiliki batik itu. Ini daftar koleksi batikku

1. Tahun 2008 pada saat Pernikahan Emas Mbah itupun semacam batik keluarga gitu lah
Doc :Pribadi

2. Tahun 2010 Dapat batik lungsuran dari teteh karena di dia udah kagak muat, pada saat itu badan masih sangat ideal lah. Batiknya yang mana? itu yang dipakai di gambar atas

3. Tahun 2010 dikasih batik sama adik mbah karena liat saya kalau kuliah pakai kemeja mulu
Doc. Pribadi
(Uh langsingnya badanku)

4. Tahun 2011 Batik yang harus dibeli karena kelompok KKN, saya paling suka sama batik ini karena bukan model pasaran
Doc . Pribadi

5. Tahun 2012 batik yang mendadak dibeli karena mau menghadiri pernikahan calon adik ipar *ga usah lah ya dibahas panjang*
Doc. Pribadi 
(Foto mah pas lagi PLP)

6. Tahun 2012 batik kelompok PLP ya gitu deh hahahaha
Doc. Pribadi
(Padahal kita beda kelompok loh)

7. Tahun 2013 beli batik pas jalan-jalan ke jogja, semacam so couplean gitu deh (ga tau pernah foto apa engga, tar lah di foto batiknya)

8. Tahun 2013 dapat batik dari sekolah sang pacar
Doc. Pribadi

9. Tahun 2015 batik seragaman buat panitia nikahan Anak Pembina pramuka Racana
Doc. Pribadi 

Setiap orang mempunyai cara dalam mencintai batik dan memaknai Hari Batik, inilah salah satu caraku mencintai koleksi batikku walaupun mereka sebagian besar tidak bersahabat dengan badanku (eaaa curhat).

Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2016
Batik menjadi icon besar yang dimiliki oleh Indonesia
Sebagai generasi muda kita harus melesatarikannya
Cintai produk dalam negri
Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai kekayaan pahlawannya

Sekian cerita minggu ini 

Bagaimana kamu memaknai hari batikmu???


3 komentar:

  1. Mari kita membatik-an dunia.
    Eh, apa kebalik yaaa... Menduniakan Batik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya marii...Batik memang kereen :)

      Hapus
    2. Iya mari membatikkan dunia dan menduniakan batik
      terima kasih sudah kunjung ke blog saya

      Hapus