Selasa, 14 Juni 2016

RESEP KACANG BAWANG ALA MIA




Sudah 3 tahun ke belakang saya suka sekali membuat kacang bawang bukan hanya pada saat menjelang lebaran tapi untuk cemilan sehari-hari. Kalau beli yang dipasaran suka kurang puas dengan rasa dan kerenyahannya jadi mending buat sendiri aja. Pas kecil suka liat umi masak kacang bawang tapi pakai cara tradisional yang kacangnya direbus dulu lalu dikupas kulitnya lalu di goreng tapi saya pakai cara lebih praktis beli yang sudah dikupas aja sama rendamya pakai santan biar lebih gurih

BAHAN
500 gr Kacang tanah kupas
7 butir bawang putih
1/2 butir bawang bombay cincang halus (karena saya suka masak pakai olahan bawang bombay jadi tetap ada)
1 bungkus kara kecil/ 1 liter santan dari 1 butir kelapa (perasan satu kali ya)
merica sesuai selera
garam secukupnya dan sesuai selera
1 sdm kecap asin
penyedap rasa (sesuai selera kalau saya di skip karena lagi mengurangi MSG)

CARA MEMBUAT
1. Haluskan bawang putih
2. Panaskan santan, bawang putih, bawang bombay, merica hingga mendidih dan santan diaduk perlahan dan jangan ditinggal karena akan pecah
3. Siram rebusan santan ke kacang tanah dan diamkan selama setengah hari agar meresap
4. Goreng kacang dengan api kecil (kalau saya menggoreng dengan menggunakan teflon), goreng hingga warna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan
5. Setelah ditiriskan jangan langsung dimasukkan wadah/toples tapi diamkan diatas wadah yang dilapisi koran hingga 3 jam agar hasilnya renyah

Teflon dipersembahkan oleh hadiah gratis dari Oriflame 


Kalau untuk masak kacang bawang perlu kesabaran dan butuh alokasi waktu yang besar terutama ketika menggoreng. Semoga menginspirasi untuk membuat ya atau kalau ingin membeli kontak saya aja langsung









Tidak ada komentar:

Posting Komentar