Rabu, 29 April 2020

MANFAAT BERKEBUN DI RUMAH SELAMA COVID-19


Doc pribadi dengan hasil edit menggunakan aplikasi PhotoGrid

Berkebun di rumah menjadi salah satu kegiatan favorit refreshing suami di kala penat pekerjaannya. Mungkin latar belakang masa kecilnya bertani sehingga sekalipun sekarang sudah tidak bertani dan menjadi guru tentulah tidak kacang lupa kulit bahkan masa-masa kuliahpun suka memanfaatkan lahan di sekretariat pramuka. Ketika menikah melihat area rumah banyak yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk melampiaskan kesukaan berkebun maka beliau memanfaatkan lantai atas (dahulunya ketika rumah masih ramai itu dijadikan tempat jemuran dan main rumah-rumahan sama sepupu), samping rumah, depan rumah dan garasi untuk bercocok tanam.
Bahkan saya yang memang tinggal dan tahu seluk beluk rumah untuk berkebun tidak pernah ada dalam pikiran, sekalipun dahulu mbah memang suka menanam aneka macam pohon yang kita terkadang suka menikmati buah dari hasil pohon-pohon tersebut. Dengan tangan yang memang mengenal cara berkebun tentulah hasil berbeda dan bahagianya tentu saya sebagai manajer dapur dimana dalam hal sulit di masa pandemik ini sangat membantu sekali. Minuman pohpohan atau curcuma lah itu semua hasil dari kebun yang jadi tidak menjerit dengan mahalnya harga bumbu dapur. Kegiatan berkebun merupakan kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang di masa Covid-19 dan tentu banyak manfaat yang didapatkan dari berkebun di rumah. Seperti yang dikutip dari https://www.suara.com/bisnis/2016/02/17/074028/ini-tiga-manfaat-berkebun-di-rumah
1.Kesehatan Mental
Dengan berkebun, Anda akan melakukan kontak langsung dengan alam dan hal ini bisa meningkatkan mood yang baik dalam diri seseorang. Melihat tanaman yang tumbuh, bunga yang mekar, atau pohon yang berbuah bisa membuat Anda senang. 

2. Kesehatan Fisik
Berkebun juga menyehatkan karena ada aktivitas fisik yang terjadi. Anda akan membakar kalori saat menyiram, menggemburkan tanah, mencabut rumput, dan sebagainya. Merawat tanaman akan membuat tubuh Anda bergerak sehingga bisa membuat tubuh Anda lebih fit.

3.Melindungi Bumi
Selain itu, berkebun menjadi salah satu cara untuk turut menjaga dan melindungi bumi karena bisa membantu menyerap karbon dioksida, menghasilkan oksigen, dan menetralkan polusi udara di lingkungan rumah Anda.

Tambahan manfaat yang saya rasakan dari (menikmati) hasil berkebun yaitu
4. Mengurangi pengeluaran
Kita dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja sayur dan buah sehari-hari. Dengan demikian, uangnya dapat anda pergunakan untuk keperluan lainnya jadi lebih hemat.
5. Instagrammable
Tanaman dianggap tidak memberikan keindahan bagi pandangan mata. Namun, bila ditanam dalah sebuah halaman atau pekarangan yang dibuat dengan telaten akan menghasilkan pemandangan indah yang bagus dijadikan konten story whatsapp, instagram dan blog dong ya seperti saat ini.

Mari memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk bertanam karena banyak cara untuk memanfaatkan media berkebun asal bukan kebun dan pekarangan tetangga. Kalau tidak bisa mari memotivasi keluarga kita untuk berkebun seperti saya sehingga nanti menghasilkan panen yang dinikmati oleh saya hahahahahah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar