Minggu, 08 September 2019

SELAMAT HARI LITERASI INTERNASIONAL

Edited by aplikasi Canva mobille

Membaca buku bukan hanya sebuah gaya hidup bagi saya tapi menjadi bagian hidup dimana bila dilihat pada tulisan sebelumnya sudah seringkali dibahas tentang membaca dan buku bahkan beberapa kali publikasi untuk review buku di instagram karena bergabung dalam komunitas yang harus setor satu minggu satu buku (walaupun suka bolong-bolong) sama halnya dengan bercerita dalam blog hingga bergabung dengan komunitas 1minggu1cerita ya sama walaupun suka bolong-bolong. Paling tidak pada saat tidak melakukan review buku yang dimana sebelumnya kita baca dulu bukunya dan tidak bercerita dalam blog maka sedikit malu.

Itu salah sekian cara agar saya terarah literasinya tidak hanya baca buku, larut akan kisahnya dan selesai. Share melalui media adalah cara berbagi kepada orang lain yang mudah-mudahan positif sehingga secara tidak langsung ada yang meniru dan mengikuti. Berbicara literasi bukanlah hal yang baru apalagi profesi saya sekarang sebagai guru dan sekolah masih menerapkan program GLS 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagus programnya akan tetapi ada beberapa yang perlu di evaluasi dalam pelaksanaannya, buat saya yang orang tidak sembarang berbicara sistem jadi cukup mengamati terlebih dahulu ya tau sendiri kalau di kehidupan kita apabila ada orang yang mengkritik sistem akan dikecilkan peran atau ditunjuk untuk mengurusi program tersebut. Jadi yang saya lakukan adalah biarkan sebagian besar lingkungan sekitar mengetahu bahwa saya sudah melaksakan program literasi walaupun tidak sebesar sampai menghasilkan karya komersial.

Gerakan literasi tidak hanya sekedar memindahkan kalimat buku karena sejatinya menurut wikipedia Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Literasi pun tidak hanya sekedar menyuruh orang untuk literasi sementara dirinya hanya bisa untuk memberikan perintah kepada orang lain tanpa pernah melakukan aktivitas literasi, apalagi minimal membaca buku. Ingat membaca sosmed bukan bagian dari makna literasi sesungguhnya. 

doc.pribadi

Aktivitas beli buku menjadi cara untuk menghadiahi diri sendiri atas lelah selama satu bulan. Lupa kapan terakhir beli buku karena beberapa bulan ke belakang lagi suka baca buku online dan pinjam buku ke teman. Ini belum termasuk buku penunjang mengajar yang dimana akhirnya itu didahulukan ketimbang novel.

Sesuai dengan tanggal ini yaitu 8 September bertepatan dengan hari literasi, maka ku ucapkan "Selamat Hari Literasi Internasional"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar