Minggu, 31 Maret 2019

SINOPSIS NOVEL RENCANA PALING SEMPURNA SIDNEY SHELDON



Judul : The Best Laid Plan (Rencana paling sempurna)
Penulis : Sidney Sheldon
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hendarti Setiadi
Cetakan kedelapan Oktober 2006
ISBN 979 605 870 7

BLURB
Lestie Stewart, wanita cantik dan ambisius, menyadari bahwa kekuasaan bagi beberapa laki-laki adalah sesuatu yang paling menggairahkan. Dan Oliver Russel, gubernur tampan dari negara bagian kecil di Selatan menyadari bahwa kemakmuran seorang wanita ternyata mengalahkan dahsyatnya api neraka.
Kedua orang itu sama-sama menuju ke arah yang berlawanan. Oliver menyusun strategi untuk merebut kursi di Gedung Putih ; Lestie menyusun rencana untuk membuat laki-laki itu menyesal pernah dilahirkan ke dunia. Akhirnya keduanya harus mengakui bahkan rencana yang paling sempurna pun bisa meleset dengan akibat maut.

Kisah ini mengungkapkan liku-liku dua lembaga yang paling berkuasa dan keji di Amerika; dunia politik yang penuh dengan skandal, korupsi dan kejahatan yang terselubung ; dan dunia penerbitan surat kabar; tempat kekuatan pers biasanya dipakai untuk menghancurkan kehidupan atau menjatuhkan kepala negara demi mendapatkan berita atau meraih penghargaan.

SINOPSIS
Leslie Stewart begitu kecewa dan patah hati terhadap sikap Olliver Russel, lelaki yang didukungnya menjadi gubernur di Kentucky disaat para penyokong kampanye sebelumnya menarik dukungan. Menjelang hari pernikahannya, lelaki itu malah pergi ke paris dan menikah dengan mantan kekasihnya Jan, yang juga sebagai putri Senator Todd Davis. Meski ia memperlihatkan sikap merelakan pada media, tapi ia menyusun rencana untuk membuat Olliver menyesal meninggalkannya. Sementara Olliver menanjak dalam karier politiknya, berkat bantuan Senator Todd dan Peter Tager, Leslie pun meniti karier dalam bidang penerbitan. Keduanya semakin sibuk dan berhasil. Olliver mencapai posisi puncak sebagai presiden amerika, dan leslie memiliki banyak kantor penerbitan, saluran televisi dan media besar lainnya.

Salah satunya adalah Washington Tribune, di mana Matt Baker dan Dana Evans bekerja untuknya. Rencana besarnya sedikit lagi akan berhasil, yaitu menggulingkan kekuasaan Olliver melalui berita negatif tentangnya. Hal itu semakin mendekati tujuannya, sebab banyak isu negatif terutama pembunuhan yang terkait dengan gedung putih. Kecurigaan utama mengenai pembunuh 6 orang yang hampir memiliki kedekatan dalam pekerjaan Olliver dan siapa pun yang berusaha menggali informasi tentangnya lalu mati dalam sebuah kecelakaan yang terlalu kebetulan, semua ditujukan pada Olliver. Namun ternyata ada yang keliru, dan membuat rencana paling sempurna itu gagal

REVIEW
Sedikit bercerita lumayan lama saya berniat ingin membaca buku dengan genre misteri seperti halnya ketika masih zaman sekolah karena sekarang lebih senang menonton film dan youtube tema misteri lebih terasa ringan dengan aktivitas sekarang. Tapi ternyata setelah sekian lama koleksi buku lebih banyak romance dan fantasi baru sekarang setelah masuk kelas misteri saya baru ingat dirumah ada buku Shidney Sheldon yang belum saya baca yaitu The Best Laid Plan (Rencana Paling Sempurna)
Novel misteri ini bisa dikategorikan novel trailer dengan dominan konspirasi politik. Awalnya saya berpikir tokoh utama cerita berada di ‘tangan’ Leslie dan Oliver, ternyata ada sosok Dana Evans, seorang wartawati yang tiba-tiba hadir dan menjadi pembongkar aib bejat tokoh pemerintahan terkemuka. Dana menjadi tokoh utama dengan akhir cerita yang membahagiakan. Agak bingung juga sih, tapi tetap menarik. Menariknya terletak pada akhir cerita dendam Leslie, sosok misterius si maniak seks, dan cara Dana mengungkap si pembunuh, benar-benar di luar dugaan, Selain itu, konflik Timur Tengah, intrik politik, dan kondisi perang Bosnia Herzegovina menjadi bagian-bagian yang membuat cerita lebih bervariasi. Sosok Dana Evan lengkapnya ada Di buku karya Shidney Sheldon lainnya dengan judul The Sky Is Falling (Langit Runtuh) dimana ketika membaca review lainnya kenapa novel ini ratingnya tidak bagus karena sebagian kisah novel ini mirip dengan kisah novel langit runtuh.

Selama ini kalau membaca novel detektif atau misteri, saya selalu berpegang pada prinsip “curigailah orang yang paling tidak dicurigai”. Tapi prinsip itu lumayan sukses diterapkan saat membaca buku ini. Buku yang terdiri dari 24 bagian pada twist terakhir dikejutkan dengan dalang dibalik semua peristiwa. Bisa jadi otakku agak lengah, tapi berhasil menggiring saya untuk mengikuti plot yang dia ciptakan.

Pelajaran moral yang diambil dari novel ini yang tersirat disampaikan (bisa jadi spoiler juga dalam alur novel ini) yaitu
1.      Jangan mempercayai ramalan secara utuh
2.     Tidak selamanya tokoh yang ditampilkan terlihat baik secara kekeluargaan dan agama adalah benar, bisa jadi itu adalah cara untuk menutupi kebobrokan sifat yang tersembunyi

“Perdamaiana adalah kata yang mudah diucapkan tapi akibat yang ditimbulkan bias merambat kemana-mana. Perdamaian tidak memberikan keuntungan finansial. Selama ada perang, negara-negara lain membeli persenjataan buatan Amerika senilai miliaran dolar. Dalam keadaan damai, mereka tak membutuhkan semjata. Harga minyal bumi pun melonjak berhubung Iran dilarang menjual minyaknya, sehingga Amerika Serikat diuntungkan.” (Hal. 314)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar