Minggu, 22 April 2018

AKU DAN MEMBACA


Di beberapa artikel yang saya baca dalam upaya untuk mendorong kecintaan atau minat membaca seseorang harus dibuat tertarik untuk membaca terlebih dahulu. Ibaratnya seperti dalam menjalin hubungan dengan pasangan haruslah jatuh cinta pada pandangan pertama. Untuk itu pada umumnya sebaiknya memulai dengan memperkenalkan membaca buku yang menarik terutama sejak dini seperti yang saya rasakan

Sumber : http://thayyiba.com

Ada pepatah mengatakan sebaik-baiknya seribu nasihat tiada sebenar satu teladan, saya termasuk tipe yang akan menuruti perintah seseorang dengan melihat keteladanan orang tersebut. Membaca merupakan keteladanan yang saya dapatkan dari ibu saya, beliau sangat addict dalam membaca. Karya semacam novel 200-300 halaman bisa dibaca dalam seharian itupun diselingi dengan aktivitas rumah tangga. Sehingga ketika dibiasakan berlangganan majalah bobo pada masa SD berlanjut membaca komik lalu menanjak dewasa membaca karya fiksi dan non fiksi. Untuk saat ini saya belum berlanggangan kembali majalah/koran efek bila melihat informasi tinggal membuka mbah google

Pada kisah sebelumnya pernah saya ceritakan tentang bagaimana saya menikmati aktivitas membaca, bisa di baca di http://simiati257.blogspot.co.id/2017/03/tips-menikmati-aktivitas-membaca.html

Ada satu tambahan lagi dalam menikmati aktivitas membaca perlu adanya teman dalam senang membaca dengan bergabung dalam komunitas membaca. Pernah ada wacana dengan teman untuk medisiplinkan diri dalam membaca tetapi akhirnya tak terlaksana karena tidak ada motivasi sehingga membaca hanya menjadi konsumsi pribadi yang terkadang di share pada sosmed yang bersifat quote atau hal yang menarik pada buku tsb. 

Hingga akhirnya tanpa sengaja saya membaca postingan kakak saya sedang mengikuti gerakan satu minggu satu buku lalu kepo dan stalking gerakan tersebut dan cukup menarik akhirnya saya ikutilah gerakan itu. Manfaat yang saya rasakan dalam membaca bukan hanya sekedar me time semata dan kebiasaaan saja tapi ada motivasi dimana bisa share ke orang lain review buku tsb dan positifnya mengajak orang lain untuk membaca.

Sumber : Instagram Gerakan_OneWeekOneBook


Sekedar informasi  hingga saat ini buku yang saya buku masih dalam bentuk buku (muter2 ih) maksudnya ga ebook atau aplikasi online. Antara males dan memang sedang mengurangi addict dengan pegang hape karena hettic dengan kerjaan dan bisnis. Buku- buku yang saya miliki pada umumnya semua memiliki label sebagai identitas agar tidak hilang ataupun kalau minjem rada malu yang pegang jadi harus dikembalikan. Kisah tentang label buku ada pada kisah blog sebelumnya, kisahnya ada disini http://simiati257.blogspot.co.id/2016/11/bukuku-bukan-bukumu.html

Ada yang masih belum senang dengan aktivitas membaca?
Coba aja dulu jangan kaya minyak kayu putih merk itu aja yang dicoba-coba buku juga mulai dicoba siapa tau ketagihan. 

“Dengan membaca engkau bisa menjelajahi dunia tanpa perlu meninggalkan kursimu”
(Sherry K.Plummer)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar