Minggu, 15 Mei 2011

Rumah Pintar Diakui Kemendiknas Sebagai Satuan Pendidikan Nonformal

Kamis, 12 Mei 2011


Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) telah mengakui program Rumah Pintar sebagai satuan pendidikan nonformal. Rumah Pintar ini merupakan bagian dari program Indonesia Pintar yang dilakukan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk memberdayakan masyarakat.

Ketua SIKIB Okke Hata Rajasa menyampaikan hal ini dalam paparan pertemuan dengan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Kamis (12/5) siang. Dalam pertemuan sekitar tiga jam ini, Okke menjelaskan perkembangan pelaksanaan berbagai program SIKIB, seperti Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Peduli, dan Indonesia Kreatif.

"Selama ini Rumah Pintar sudah ada 253 unit, dan akan kita tingkatkan semaksimal mungkin. Kami kebetulan sudah dapat dukungan dari Kemendiknas yang sudah memberikan pengakuan pada program Indonesia Pintar ini menjadi satuan pendidikan nonformal," Okke menjelaskan.

Menurut Okke, SIKIB menargetkan pada tahun 2014 nanti jumlah Rumah Pintar mencapai 500 unit. "Tahun ini ada 62 unit rumah yang sudah dibangun," ujar Ketua SIKIB. Okke berharap program pemberdayaan masyarakat melalui Rumah Pintar yang digagas Ibu Ani bersama SIKIB ini bisa menjadi inspirasi bagi organisasi sosial lainnya.

Pada tanggal 27 Mei nanti, SIKIB akan mengadakan seminar tentang obat-obatan herbal, kerjasama dengan Ikatan Dokter Herbal Indonesia. SIKIB akan menampilkan Rumah Pintar 'Acil' dari Citayam, Bogor, Jawa Barat. Rumah pintar yang didirikan atas kerjasama dengan Kementerian Pertanian ini memberdayakan masyarakat dengan memproduksi kunyit asem dan sudah dijual di pasar.

Ibu Ani Bambang Yudhoyono menugaskan Staf Khusus Ibu Negara, Rossi Apriantono, untuk menyampaikan makalah pada acara seminar tanggal 27 Mei nanti. "Makalah yang akan disampaikan adalah model yang sudah dikerjakan di Rumah Pintar 'Acili' itu," Okke, isteri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, menambahkan. Model pemberdayaan masyarakat melalui Rumah Pintar 'Acil' ini disinergikan dengan program Dokter Herbal.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar