Jumat, 30 Desember 2016

CERITA DI BALIK SAMBAL GORENG KENTANG HATI

Sambel goreng kentang merupakan makanan asli Indonesia, di setiap daerah pasti selalu ditemui dengan cara masak yang berbeda. Sambel goreng kentang pada umumnya sering kita temui saat lebaran sebagai salah satu menu dalam sajian kudapan lebaran di keluarga besar ibu. Proses memasak olahan kentang manapun pasti memerlukan waktu yang lumayan saat mengolahnya apalagi memasak sambel goreng kentang. Sambel goreng kentang merupakan masakan favorite saya terutama yang dibuat oleh mbah putri, dulu pernah saking sukanya bercita-cita bisa memasak sambel goreng kentang. Setelah sekian lama akhirnya baru kesampaian bisa masak ihayyyyy. 
Berawal dari mbah kakung yang tiba-tiba beli kentang 3kg dan pas ditanya mau  masak apa bilangnya terserah 'nah loh' jadi aja kepikiran masak sambel goreng kentang dengan tambahan hati, pada umumnya suka ditambahin pete tapi saya ga pake karena ga doyan. Masaknya lumayan lama banget dari jam 9 pagi sampai jam 12 siang ishhhh diselengi nonton marimar (ema-ema banget deh gw). Ini bikin bumbu halusnya untung pake blender coba kalau manual duhhhh makasih berat deh, iyya rasa beda tapi kalau bisa dibuat simpel kenapa harus ribet. 
Pas dicobain rasanya enak dong, ga tawar2 banget lah. Dan biar ga lupa mending di tulis di blog aja.
Ini resepnya, ini penampakan setelah jadi
Doc.Pribadi


Resep Sambel Goreng Kentang Hati

Cara Membuat
1kg kentang
5 hati ayam
2 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
400ml santan
4 cm lengkuas geprek
4 sdm air asam jawa
2 batang sereh geprek
1 bungkus bumbu instan ayam goreng

Bumbu halus
1 sdm garam
14 cabai merah tanjung (buang biji)
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
15 butir bawang merah
10 butir bawang putih
2 cm jahe
10 butir kemiri (sangrai dulu sebelum di haluskan
2 buah tomat ukuran sedang
2 sdm gula merah

Cara Membuat
1. Potong kentang ukuran dadu/sesuai selera dan rendam dalam air garam
2. Cuci hati ayam sampai bersih lalu rebus dengan ditambah air asam dan bumbu instan ayam goreng. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan. Hati ayam goreng hingga kecoklatan lalu potong hati ayam ukuran dadu
3. Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas hingga harum dan matang
4. Masukkan santan lalu tambahkan air asam jawa lalu aduk rata
5. Jika santan sudah mulai berkurang masukkan kentang dan hati ayam
6. Jika kuah kering, angkat dan siap dihidangkan

Kalau beli hati otomatis sepasang sama ampela (ini kalau beli di pasar), kalau suka boleh digabung nah kalo saya ga pake ampela karena mbah ga doyan. Nyuci ati ampela ini harus sampai bersih banget ya apalagi ampela kalau ga pinter masak pahit karena pup nya kagak dibersihin. Terus ampelanya dikemanain kalo ga dimasak dikemanain? Ya udah makan aja sama nasi putih anget sama saos juga nikmat.
Doc. Pribadi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar