Rabu, 06 Mei 2020

7 REFERENSI TAYANGAN PODCAST BUAT TEMAN DIAM DI RUMAH

Adakah yang suka mendengarkan podcast?

Pada awalnya podcast muncul bersamaan dengan lahirnya iPod di tahun 2001. Seperti yang telah dijabarkan oleh Tirto, sebutan podcast sendiri berasal dari gabungan istilah “iPod” dan “broadcasting”. Sepintas kedengarannya mirip dengan siaran radio dengan embel-embel broadcasting tersemat di sana, tapi, ternyata bukan begitu. Podcast adalah bentuk media yang cukup unik. Podcast tidak bertumpu pada frekuensi AM/FM seperti pada radio dan siarannya pun tidak terpatok pada jadwal.
Alih-alih menyamakan podcast dengan siaran radio, podcast malah cenderung lebih mirip dengan YouTube. Podcast memiliki bersifat on-demand yang berarti kontrol tayangnya berada di tangan si pendengar, bukan si penyiar. Jadi, kamu bisa mendengarkan semua podcast yang kamu inginkan kapan saja dan di mana saja. Dengan kata lain, podcast merupakan siaran suara yang tingkat fleksibelitasnya jauh lebih tinggi daripada radio konvensional.
Bagi yang belum tahu apa itu podcast saya akan mengutip dari artikel https://crafters.getcraft.com/id-articles/sejarah-perkembangan-dan-panduan-menulis-naskah-podcast 
Penjelasan lain bisa baca di artikel tersebut saja ya

Disini saya mau kasih referensi podcast yang bisa didengar di masa pandemik ini sebagai teman - teman membunuh waktu yang terasa amat panjang. Podcast yang saya dengar melalui aplikasi spotify (tentu mempergunakan aplikasi spotify yang gratis bukan premium hihihi)

1. Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk
Ada dua pasangan suami istri Ditto Percussion dan Ayudia dan pasangan Tara Budiman dan Gya. Isi podcastnya sederhana dan ringan tentang hal-hal yang terjadi di kehidupan pernikahan beserta keseharian yang umunya di alami kita

2. KinosGina
Podcast dari pasangan suami istri Kinos dan Nycta Gina yang enak banget di dengar karena meraka berdua memang penyiar radio jadi tektokan udah pas saja. Obrolannya seputar kisah masa lalu dan pernikahannya, khasnya sih suara cempreng dari Nycta Gina.

3. PODNEST
Podcast dari komedian, aktor dan bahkan sutradara yaitu Ernest Prakasa, saya suka dengerin kisah-kisah dia terhadap pembuatan filmnya dan juga ada sesi tentang stand up juga pembahasannya. 

4. Podcast Raditya Dika 
Format talkshow jadi ciri khas dari podcast Raditya Dika bagi yang suka mengikuti memang hampir sebagian besar adalah sama seperti kanal youtubenya tapi beberapa ada yang hanya ditampilkan di podcast tapi tidak di youtube miliknya.

5. Meira Bicara 
Istri dari Ernest Prakasa yang merupakan penulis dari buku yang keren banget dan sudah di filmkan yaitu Imperfect dengan tagline yang terkenal merubah Insecure menjadi bersyukur. Setiap tema bahasannya pas sekali untuk perempuan agar selalu mensyukuri terhadap penampilan dan kehidupan yang sekarang dijalani.

6. DESTAnya Siapa?
Obrolan dari Desta Mahendra tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di lingkungan sekitar, walau dia memang pembawa acara yang kocak tapi karena penyiar radio juga jadi lebih enak aja isi dari podcastnya.

7. Bambang Pamungkas
Pemain bola paling favorit dari zaman SMP dan sedih ketika akhirnya gantung sepatu ternyata punya podcast juga. Suka banget karena disini akhirnya ada jawaban kenapa komen instagramnya di non aktifkan, Suara khasnya itu loh dengan segala pembahasan hal-hal yang bersifat opini BP terhadap hal-hal yang selama ini jadi pertanyaan para penggemarnya

Itu 7 referensi podcast yang biasa saya dengarkan mungkin yang lain bisa kasih referensi podcast lain untuk bisa saya dengar agar menambah referensi untuk didengarkan oleh saya. 

Alasan utama kenapa suka dengerin podcast bisa dipindah sesuai tema yang saya suka dan tidak seperti youtube yang memang harus di tonton kalau mendengarkan podcast bisa sambil mengerjakan pekerjaan lain tanpa gagal fokus untuk tetap menonton. Jangan sampai keasikan pada sesuatu jadi menghambat aktivitas lainnya jadi pastikan aktivitas pun bisa multitasking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar