Minggu, 05 November 2017

PENTINGNYA MEMBERI HADIAH UNTUK DIRI SENDIRI

Sumber foto : google

Memberikan hadiah kepada orang lain merupakan hal yang biasa dan lumrah secara umum, tapi kenapa kita suka melupakan untuk memberikan hadiah untuk diri sendiri apalagi ketika kita sudah melakukan pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran kita? Saya pribadi telah melakukan ritual memberikan hadiah untuk diri sendiri sejak 3 tahun yang lalu, setiap sebulan sekali setelah mendapat uang dari hasil kerja. Pakar psikologi juga menyatakan memberikan hadiah untuk diri sendiri merupakan cara yang efektif dalam membentuk kebiasaan positif.

Hadiah merupakan salah satu komponen dalam kebutuhan dasar manusia yang diungkapkan oleh pakar psikolog Abraham Maslow yaitu kebutuhan akan penghargaan. Pemberian hadiah ketika sudah mencapai pekerjaan yang telah kita selesaikan bertujuan untuk mendorong dan memotivasi kamu untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik di tahun mendatang. Selain itu, pemberian hadiah juga berfungsi sebagai medium apresiasi diri atas pencapaian setahun ke belakang. Saya percaya, hidup bukan hanya sekadar hidup. Hidup adalah sebuah pencapaian. Tak peduli besar atau kecil pencapaiannya, tetap harus diapresiasi. Pencapaian dalam hidup bisa berarti, lulus SMA, lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan, mendapatkan promosi pekerjaan, mendapatkan pasangan dan sebagainya.

Bagi saya, ritual ini bukan hanya untuk memotivasi akan tetapi ini merupakan cara saya mensyukuri segala hal baik yang terjadi dalam hidup saya. “Terima kasih atas segala usaha yang telah kamu lakukan selama ini. Saya yakin kamu telah melakukan yang terbaik selama setahun atau waktu yang kau tentukan. Walaupun kamu telah melakukan yang terbaik, saya yakin masih ada beberapa hal yang harus kamu tingkatkan. Pertahankan apa yang sudah baik dan perbaiki apa yang kurang baik. Selamat menikmati hadiah yang telah kamu pilih.”

Teruntuk hasil kerja keras kamu selama bulan Oktober, selamat ya mia semoga bulan November makin meningkat produktivitas dan etos kerjanya Insya Allah
Doc pribadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar