Sabtu, 27 Mei 2017

STEAMBOAT ALA PENCINTA ALAM RUMAHAN

Steamboat adalah makanan berkuah yang isinya macem-macem, ada daging, sayuran, bakso, dan banyak lagi. 
Steamboat merupakan makanan yang berasal dari negeri tembok raksasa yaitu Cina yang dibuat dari berbagai jenis sayur dan daging. Namun kebanyakan orang mengira bahwa makanan Steamboat berasal dari Korea atau Jepang, karena di dalam adegan film-film Korea kebanyakan sedang memakan Steamboat.
Keunikan dari Steamboat yaitu cara penyajiannya yang berbeda dengan makanan-makanan lainnya. Penyajian Steamboat yang asli adalah semua bahan isi disajikan secara mentah, dan di atas meja juga disajikan panci berisi air, serta kompor kecil sehingga pelanggan harus memasaknya sendiri di atas meja. Setelah air mendidih, maka bahan isi seperti sayur dan sebagainya dimasukkan secara bersamaan dan tunggu beberapa saat hingga bahan isi matang.
Doc. Pribadi


Penyajian Steamboat di Indonesia sedikit berbeda dengan penyajian Steamboat di Cina, Korea atau Jepang. Kalau penyajian Steamboat di Indonesia, semua bahan isi sudah dimasukkan ke dalam wadah besar dan sudah matang komplit dengan kuah, hanya saja tetap di sediakan kompor kecil dengan tujuan untuk memanaskan Steamboat di atas meja makan yang sudah dimasak oleh penjual.
Steamboat menjadi pilihan saya dan sang suami yang masih pengantin baru,  ketika mulai bosan dan binggung mau makan apa lagi (secara sang suami dalam selera praktis tapi banyak ga mau,,,, bukan praktis itu mah hahahaha). Pilihannya adalah tepat kami menghabiskan waktu sambil menyantap Steamboat, diselingi tontonan NET 4.0 jadi bagian terbaik minggu kemarin (jangan tanya kenapa ga langsung nulis, masak dan cucinya juga lama say keburu tewas). Teringat masak ala resto jepang (padahal masakan ini dari cina) yang penyajiannya menggunakan kompor kecil dengan bahan bakar spirtus dan panci untuk merebus semua isian. Maka terpikirlah oleh kami untuk memasak kuah dan kukus isian tetap di kompor gas dan pada saat penyajian menggunakan kompor lapangan yang harga satu setnya kaya beli hengpong baru. 
Ini resepnya dapat dari inspirasi internet berbagai sumber dengan eksekusi sesuai mood pada saat itu,jangan lupa baca catatan dibawahnya.


RESEP STEAMBOAT TOMYAM ALA RUMAHAN


Bumbu Halus
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 batang cabe merah (buang bijinya)
3 batang cabe rawit (skip kalau tidak suka pedas)
1 butir tomat ukuran sedang
1 butir tomat ukuran sedang
1 sdm minyak goreng

Bahan
1 buah dada ayam
½ siung bawang Bombay iris kasar
1 tangkai serai
1 lembar daun jeruk iris tipis
5 cm lengkuas
2 cm jahe
3 batang daun bawang (batangnya di iris memanjang dan daun bawangnya iris tipis)
Air sesuai selera (ya kira-kira untuk 3 porsi lah)
1 sdm air jeruk nipis
secukupnya gula garam
2 bongol sawi pakchoy
1 buah wortel
10 biji bakso
2 buah sosis
1 bungkus mie instan rebus
Baso seafood sesuai selera (kalau saya beli di supermarket dengan baso seafood yang curah)
Bawang goreng secukupnya
Kecap asin secukupnya
Saos tiram secukupnya
Minyak wijen secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Merica bubuk

Cara Pembuatan
1.  Rebus dada ayam kira-kira 5 menit lalu buang kuahnya untuk menghilangkan kotor dan lemak, siram kembali dengan air bersih rebus bersama dengan garam hingga daging empuk. Setelah empuk potong dadu dagingnya
2.          Blender bumbu halus (apabila menggunakan ulek, ulek hingga halus)
3.          Tumis blenderan, terus sobek2 daun jeruk, geprek serai,jahe, lengkuas tumis sampe harum.
4.          Masukin air, kaldu, gula garam, air jeruk, batang daun bawang, Bombay
5.    Masukan kecap asin, saos tiram, minyak wijen, penyedap rasa sesuai selera
6.          Cicipin terus kalo udah pas matikan kompor
7.          Rebus mie instan dengan ditambahkan sedikit minyak goreng agar tidak lengket bila tidak langsung dimakan hingga setengah empuk
8.     Kukus baso, sosis dan baso seafood sebentar saja kira-kira 2-5 menit agar ketika penyajian matang akan sama dengan semua item sayuran
9.          Sajikan isian steamboat dalam wadah piring ceper atau sesuai keinginan
10.  Persiapkan alat masak lapangan atau kompor portable lalu rebus kuah kembali dan masukan isian steamboat, rebus hingga matang sesuai selera
11.    Setelah matang apabila kurang asin pergunakanlah kecap asin dan taburi daun bawang, bawang goreng dan merica agar lebih mantap
12.     Bila ingin ala khas Indonesia sediakanlah kerupuk biar kerupuknya bisa direbus pada kuah yang kental itu

Doc. Pribadi

Ukuran 3 porsi 

Catatan
1.             Tidak disarankan bagi orang yang ingin langsung makan karena proses memasak minimal 30 menit say dan belum penyajian steamboat minimal 10 menit jadi beli baso/ rebus mie instan banyak isian kalau lapar
2.       Apabila tidak memiliki kompor lapangan atau kompor portable maka isian sayuran dan baso langsung direbus ketika kuah mendidih
3.             Cocok untuk acara quality time dengan keluarga dan teman yang ingin kumpul sambal masak-masakan (berasa ingat zaman sd kan main masak-masakan pada benarnya)
4.       Masaklah dengan hati dan penuh rasa kasih sayang agar rasa menjadi enak 
5.    Tidak disarankan langsung makan apabila belum makan nasi atau perut kosong, makanlah dulu biskuit atau buah untuk penetral lambung 



9 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya bisa buat bekal nanti honeymoon wkwkwkwkwk

      Hapus
  2. Postingan yang mengganggu Bulan Puasa, hahahaha. Menarik nih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga jadi inspirasi untuk dicoba resepnya

      Hapus
  3. Postingan yang mengganggu Bulan Puasa, hahahaha. Menarik nih resepnya

    BalasHapus
  4. Ini yg kutunggu2: RESEP! Setelah bikin kabita di ig ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang sengaja dibibita dulu biar penasaran
      selamat mencoba resepnya

      Hapus