Minggu, 25 September 2011

Model-model Pengembangan Kurikulum


A.            Model Pengembangan Kurikulum Rogers
Ada beberapa model yang dikemukakan Rogers yaitu jumlah dari model yang paling sederhna sampai dengan yang komplit. Model-model tersebut disusun sedemikian rupa sehingga model berikutnya sebenarnya merupakan penyempurnaan dari model-model sebelumnya.

B.            Model Administratif
Model administratif sering pula disebut model garis staf karena inisiatif dan gagasan dari para administrator pendidikan dan menggunakan prosedur-prosedur administrasi.

C.            Model Dari Bawah (The Grass Root Model)
Pengembangan kurikulum model dari bawah ini menuntut adanya kerja sama antar guru, antar sekolah-sekolah serta harus ada kerja sama antar pihak orang tua murid dan masyarakat.

D.           Model Beauchamp (Beauchamp’s System)
G.A. Beauchamp (1964) mengemukakan lima hal penting dalam pengembangan kurikulum :
1.         Menetapkan arena atau lingkup wilayah
2.         Menetapkan personalia
3.         Organisasi dan prosedur pengembangan kurikulum
4.         Implementasi kurikulum
E.            Model Terbalik Hilda Taba (Taba’s Inverted Model)
Model pengembangan kurikulum yang dikemukakan oleh Taba berbeda dengan cara lazim yang bersifat deduktif karena caranya yang bersifat induktif.

F.             The Systemic Action Research Model
Model kurikulum ini didasarkan pada asumsi bahwa perkembangan kurikulum merupakan perubahan sosial.

G.           Emerging Technical Models
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai efisiensi dan efektivitas dalam bisnis juga mempengaruhi perkembangan model kurikulum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar